KEUANGAN

  1. Financial Management Training Level 1.  Bagaimana sistem yang ada dalam mengelola keuangan sehingga dapat memberikan manfaat berupa: Memahami laporan-laporan keuangan, Mengukur likuiditas sebuah usaha, Menganalisis profitabilitas usaha, Membuat anggaran, Mengukur produktivitas, Menghitung Return On Investment (ROI), Menghitung biaya kapital, Menghitung nilai sebuah usaha. Program ini didesain untuk membantu peserta mempelajari dasar-dasar keuangan sehingga peserta dapat mengimplementasikan di pekerjaan/ usahanya sehari-hari. Garis besar kegiatan pelatihan adalah (a) Penyusunan dan Analisis Arus Kas (b) Penyusunan dan Proyeksi Neraca (c) Penyusunan dan Proyeksi Rugi-Laba (d) Analisis Rasio Keuangan (e) Analisis Risiko Keuangan
  2. Financial Management Training Level 2, dimana garis besar training berorientasi pada: (a)  Manajemen Berdasar Value (b) Biaya Kapital (c) Pembiayaan Pasar Modal (d) Keputusan Investasi (e) Restrukturisasi, Merger & Akuisisi
  3. Financial Management Training Level 3, garis besar pembahasan training meliputi:  (a) Perencanaan Stratejik dan Anggaran (b) Anggaran Operasional (c) Anggaran Kas (d) Anggaran Neraca & Rugi Laba (e) Anggaran Investasi (f) Pengendalian Anggaran.
  4. Training Finance for Nonfinance. Pelatihan ini bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan praktis mengenai manajemen keuangan, sehingga diharapkan akan mampu memahami konsep, perilaku serta pengendalian anggaran, menggunakan berbagai alat analisa laporan keuangan, menggunakan informasi keuangan untuk membantu kelancaran usaha, serta memahami struktur keuangan perusahaan. Dengan mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta: (a) Memahami dasar-dasar manajemen keuangan dalam bisnis (b) Memahami laporan keuangan dan informasi didalamnya (c) Memahami proses penyusunan laporan keuangan dan informasi pdidalamnya. Garis besar program:  (a) Pengenalan Akuntansi (b) Proses Penyusunan Laporan Keuangan (c) Budgeting (Anggaran Perusahaan) (d) Anggaran sebagai Alat Pengendalian (e) Perencanaan & Pengendalian Laba (f) Analisa Laporan Keuangan (g) Dan studi kasus. Peserta training: staf non finance, supervisor atau manager non finance, karyawan non finance yang mempunyai tanggung jawab di anggaran.
  5. Training Budget and Planning. Budget merupakan suatu alat ajuan atau petunjuk bagi perusahaan dalam melakukan usahanya serta merupakan alat control. Tanpa adanya budget, perusahaan akan mengalami kesulitan. Budget bukan sekedar angka-angka yang tanpa makna yang dibuat berdasarkan forecast. Namun seringkali perusahaan tidak menyadarinya, atau membuat budget ala kadarnya, yang penting ada budget. Atau budget dibuat dengan hanya sekedar mengkompilasi angka-angka yang dikumpulkan dari setiap departement fungsional. Dengan adanya budgeting, perusahaan akan mencoba memasukkan seluruh faktor yang mempengaruhi jalannya perusahaan hingga tujuan, strategi dan taktik dalam memenangkan persaingan. Dalam pelatihan ini akan dibahas bagaimana memperhitungkan external dan internal faktor dalam menentukan tujuan dan strategi, sehingga budget dapat dibuat dengan komprehensif. Tujuan Training: (a) Memberikan pemahaman terhadap Definisi dan tujuan budgeting dalam sebuah perusahaan (b) Memberikan konsep dan aplikasi dalam melakukan analisa strategi untuk kondisi internal dan external (c) Memberikan pemahaman dan aplikasi dalam membuat budgeting secara detail dan bertahap (d) Memberikan pemahaman dan aplikasi dalam membuat departemental budget (e) Memberikan pemahaman untuk mengatur proses review dan approval budget secara efektif (f) Memberikan pemahamana bagaimana menggunakan budget sebagai alat ukur kinerja.  Garis besar program pelatihan: (a) Prinsip budgeting dan cost control (b) Linking the tactical budget to company strategic objectives (c) The revenue budgeting (d) The operating budget (e) Expense budgeting (f) Menyiapkan departmental budget (g) Proses approval budget (h) Pengukuran kinerja terhadap budget (i) Best practice in cost control.  Peserta pelatihan: (a) Manager & Staf Finance (b) Manager & Staf unit kerja yang terlibat dalam penyusunan rencana budget unit kerja.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s